Breaking News
Loading...
Tuesday, October 1, 2013

Arti Doa Bapa Kami

Bapa kami yang ada di sorga… hmm… terus apa lagi yeeh… aduh gw lupa lagi… Bapa kami yang ada di sorga… sekiranya Bapa langsung aja baca kelanjutannya di alkitab yah, sebab sesungguhnya hambaMu ini lupa kelanjutannya, maklumlah hamba adalah manusia yang tak sempurna… amin. Eh, ngga bisa gitu dwong! Kita ngga boleh jadiin doa Bapa kami cuma sebagai hafalan doang loh! Kita harus tau artian semua isi doa Bapa kami biar kalo kita mengucapkan doa Bapa kami, Tuhan ngga nyindir kita : “lagi praktek ayat hafalan nih mas…!”.

Kita bahas santai tapi ngerti yah. Temen-temen boleh buka Matius 6:9-13.
Pertama : “Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu,”. Kalimat ini merupakan sebuah pujian kepada Bapa. Kekudusan nama Bapa ngga ditentukan oleh pengakuan kita, tapi biarlah kita turut menyerukan kekudusan namaNya dan mengundangNya hadir di dalam hidup kita.

Kedua : “jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”. Kalimat ini merupakan permohonan agar kehendakNya terjadi di sini (dalam kita) seperti di sorga. Maksudnya? Maksudnya bgini, di surga kan yang ada hanya sukacita & sukacita, dan biarlah sukacita juga selalu ada di dalam kita. Bgimana bisa, keluarga gw berantem mlulu, temen gw ngecewain mlulu, dan anjing pudel gw ngegong-gong mlulu, gimana gw bisa sukacita!

Begini loh… sukacita bukan ditentukan oleh keadaan tapi oleh suasanan hati kita yang selalu bersyukur. Buktinya, banyak orang kaya yang sakit-sakitan karena stress mikirin hartanya yang masiiiih aja kurang, manusia kan ngga pernah puas. So, masalah boleh ada, rintangan boleh ada, tapi kita selalu tetap bersukacita dan tetap tangguh dalamNya, ngga stress. Maka, itulah yang disebut suasana surga di tengah dunia yang nyebelin ini, asyik kan!

Ketiga : “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”. Kalimat ini adalah sebuah permintaan agar kebutuhan kita dicukupkanNya. Kebutuhan di sini bukan hanya makanan aja, tapi juga pakainan, udara, dan kebutuhan yang lainnya. Inget,,, kebutuhan kita..! bukan keinginan kita. Kita minta dengan cukup, bukan kurang atau lebih. Karena akibatnya bisa fatal kalo ngga demikian sperti tertulis di Amsal 30: 8-9 (baca deh, ayatnya ngasah otak banget!).

Keempat : “dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami”. Kalimat ini tegas banget bilang kalo dosa kita mau diampuni, kita juga harus membereskan dendam kita sama orang lain (Matius 6:14-15). Makanya sering kali doa kita ngga nyampe ke Tuhan karena kita masih menyimpan dendam sama orang lain. Hendaklah amarahmu padam sebelum matahari terbenam. Berapa kali kita harus mengampuni dalam sehari? 7X7X7 kali.

Kelima : ”dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat”. Maksud kalimat ini bukan biar kita ngga punya masalah. Terjemahan aslinya kira-kira bilang begini : “dan jangan biarkan jalan hidup kami menuju jalan yang menyimpang dari jalan-Mu”. Jadi, biar Tuhan menuntun jalan kita agar kita ngga disesatkan iblis dan pada akhirnya binasa. Guys, masalah datang bukan dari Tuhan, penyakit juga bukan datang dariNya, tetapi Tuhan hanya “mengijinkan” itu semua terjadi untuk membentuk karakter kita. Karena kita adalah anak Raja surga yang tangguh dan berharga.

Keenam : “Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.”. Kalimat ini merupakan pujian kepadaNya. So, di awali dengan pujian, dan diakhiri dengan pujian juga.

Sahabat FOS, jadikan doa Bapa kami sebagai contoh dasar doa kita. Doa Bapa kami memiliki beberapa unsur, yaitu: diawali dengan pujian, ada pengundangan Tuhan hadir dalam hidup kita, ada permintaan, ada pengampunan dosa, dan diakhiri pula dengan pujian kepadaNya. Doa Bapa kami sebaiknya diucapkan setiap hari, tepatnya ketika kita mengawali aktivitas kita.
Nah, skarang ngga bingung lagi kan


Hothlas_salah satu anakNya

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Kristus All Right Reserved